Langsung ke konten utama

Pria Membangun Kampung Halaman

Mark, Bill Gates, Steve Jobs vs. Us
Hai, sobat muda semua! Bagaimana kabarnya? Semoga ketika membaca tulisan ini dalam keadaan tetap semangat dan akan terus bertambah semangat. 

Beberapa waktu yang lalu ane mengunjungi seorang adik tingkat di Madrasah Tsanawiyah (SMP) yang kebetulan juga kuliah di Banjarbaru. Ane benar-benar tercenung dengan gairah dan semangatnya yang menggebu-gebu. Bahkan terbersit juga perasaan malu terhadapnya. 

Apa pasal? Doi (inisial M) dalam kunjungan dinas Ane ke kost-nya J sempat ane lontarkan pertanyaan yang sebenarnya wajar dan bahkan sering dianggap basa-basi saja: lulus kuliah mau kemana? Sobat mau tahu apa jawabnya? 

“Saya mau balik kampung, Bang! Mau saya bangun kampung kita itu jadi kota terpadu mandiri!” 

Jawabnya dengan mata berapi-api. Katanya dia sudah muak melihat penduduk desa kami berlomba-lomba menanam sawit, membangun sarang-sarang walet, tapi tidak membuahkan hasil, melainkan penduduk desa hanya dijajah oleh perusahaan-perusahaan sawit dan juga tengkulak-tengkulak sarang walet dari luar daerah. Wow! Ane benar-benar terkejut! Semuda itu sudah berpikir jauh ke depan. Tentu saja awalnya Ane kurang yakin dengan perkataannya, hingga Ane tanya lagi: kamu yakin? Mau mulai dari mana? 

Yang membuat Ane makin malu terhadapnya, ternyata si M ini sudah punya business plan beserta analisis SWOT dan rancangan program-program yang akan dilaksanakan ke depannya. Meskipun kebanyakan masih di dalam kepalanya, tapi dari penjabarannya Ane benar-benar terpana! Doi bahkan sudah mulai mencari jaringan untuk memulai dari tanah warisan keluarganya yang jumlahnya beberapa hektar. Dia sudah memulai pengadaan bibit dan sedang mencari jaringan pemasaran produk-produk lokal desa kami (kelapa) ke berbagai provinsi di Kalimantan. 

Wow! Sungguh sesuatu hal yang luar biasa. Mengingat Ane sendiri sampai sekarang tidak terbersit sedikitpun keinginan untuk membangun kampung halaman yang sudah terlanjur bobrok sepeninggal ulama-ulama berpengaruh di daerah kami. Tapi dia berani angkat bicara dan berani memulai. Ane doakan semoga semangatnya akan terus membara dan mencapai kesuksesan dalam membangun kampung halaman kami nun jauh di pedalaman Kalimantan Tengah sana. 

Yang ingin Ane tekankan kepada sobat sekalian di sini adalah: setiap pria (maaf jika Ane sebutkan pria, karena biasanya wanita jika sudah berstatus istri pasti akan mengikuti suaminya) pasti akan rindu rumah, rindu kampung halaman tempat ia dibesarkan. Dan setiap pria hebat, pasti akan berpikir dan berusaha untuk membangun dan memajukan kampung halamannya jika memang sudah terlanjur berada di ambang kehancuran. 

Berbagai cara bisa kita lakukan, tidak hanya dengan kembali ke kampung setelah lulus kuliah. Jika sobat tidak merasa yakin akan bisa membangun dan memajukan kampung halaman ketika sobat sekalian kembali ke sana, maka bangunlah kampung halaman sobat dari jauh. Berwirausahalah! Jadilah orang kaya! Yang bisa menolong saudara-saudara di kampung halaman; saudara-saudara yang anak-anaknya tidak bisa bersekolah tinggi, mereka yang luntang-lantung di kampung karena menganggur, mereka yang tidak berpendidikan tapi punya keinginan untuk terus maju. Angkut dan bawa mereka semua dalam naungan Anda! 

Atau jika sobat merasa menjadi kaya terlalu berat, carilah relasi sebanyak-banyaknya! Carikan jaringan pekerjaan, jaringan orang-orang hebat yang mau turun tangan membangun daerah. Carikan warga di kampung Anda pekerjaan, beasiswa, dan penghidupan yang layak. Tidakkah Anda bangga jika ada diantara warga Anda yang bisa kuliah setinggi-tingginya, ke luar negeri, atau sukses jadi pengusaha, politikus, negarawan, akuntan, dan berbagai macam profesi bergengsi lainnya? 

Satu kalimat motivasi yang akan selalu Aneingat dan berusaha laksanakan dalam hidup ini adalah: jalan terbaik menuju sukses itu bukan dengan berlari sekencang-kencangnya dan melibas mereka yang membebani Anda. Jalan terbaik menuju sukses itu adalah dengan berlari perlahan seraya membantu orang-orang di sekitar Anda yang juga ingin berlari menuju sukses bersama-sama. 

Banjarbaru, 26 April 2013

Komentar

  1. akhirnya update lagi,, ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. Sudah tak terbendung lagi pemikiran2 Ane disimpan2 mulu.. Hehehe :P
      Yoroshiku onegaishimasu, Mohon bantuannya..

      Hapus

Posting Komentar

Dimohon dengan sangat comment-nya, ya :D Kritikan, cacian, makian, protes yang membangun sangat diharapkan demi kebahagiaan kita bersama.

Postingan populer dari blog ini

Umar bin Khattab Menebas Kepala seorang Muslim

Hari itu Madinah gempar. Apa pasal? Mereka mendengar Umar bin Khattab ra. menebas kepala seorang muslim yang mengadukan perkara kepadanya. Tentu saja para sahabat banyak yang menyayangkan keputusan Umar ra. yang nampak gegabah dan “berdosa”–sebab membunuh seorang muslim dosanya sangatlah besar. Seperti disebutkan dalam hadis rasulullah SAW: Dari Ibnu Mas’ud rodhiallohu ‘anhu, dia berkata: “Rasulullah SAW bersabda: “Tidak halal ditumpahkan darah seorang muslim kecuali karena salah satu di antara tiga alasan: orang yang telah kawin melakukan zina, orang yang membunuh jiwa (orang muslim) dan orang yang meninggalkan agamanya memisahkan diri dari jamaah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Buat Apa sih LKMM itu? Nggak Penting Banget!

Buat sahabat semua, baik yang pro ataupun kontra dengan pendapat Ane. Ane terbuka aja. Ini adalah negara bebas. Kita bebas untuk berpendapat seperti yang dijamin oleh UUD 1945 (Pasal 28, Pasal 28A, Pasal 28C, Pasal 28D Ayat 1 dan 2, Pasal 28E Ayat 2 dan 3, Pasal 28F, Pasal 28G, Pasal 28H, Pasal 28I ayat 1,2,4 dan 5, serta pasal 28J) selama jangan asal bunyi dan tanpa dalil. Ane memberikan kesempatan untuk berdiskusi lebih jauh. Silahkan comment aja di  blog Ane , e-mail Ane , atau  Wall FB Ane disana juga ada nomor kontak Ane yang bisa dihubungi. OK? *** Satu bulan terakhir ini adalah masa-masa gejolak pergolakan keimanan Ane di perantauan. Ada dua hal bertentangan yang amat sangat mengganggu pikiran Ane dan mungkin juga Mahasiswa MIPA 2010 lainnya. Sebuah acara yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (yang katanya suatu badan yang demokratis) untuk para Mahasiswa baru 2010, yang (katanya) akan menjadi hal yang berguna buat masa depan para Mahasiswa baru.

30 Fakta Menarik Tentang Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris itu menyenangkan, lho, Sobat. Apalagi jika Sobat mengenali fakta-fakta menarik yang terdapat dalam bahasa Inggris yang saat ini sudah menjadi bahasa dunia. Apa saja fakta-fakta itu? Mari kita simak. [PERHATIAN!] fakta-fakta berikut ini tidak berurutan.. 1.     Abjad yang paling sering digunakan adalah “e”. 2.     Huruf vokal yang paling sering digunakan adalah “e”. Yang kedua adalah “a”. 3.     Huruf konsonan yang paling sering digunakan adalah “r” . Yang kedua adalah “t”.The most common consonant in English is "r", followed by "t". 4.     Setiap suku kata dalam bahasa inggris harus memiliki huruf vokal (bunyi). Namun tidak semua suku kata mengandung huruf mati (konsonan). 5.     Hanya ada dua kata dalam bahasa Inggris yang digunakan saat ini yang memiliki akhiran “-gry”, yaitu “hungry” (lapar) dan “angry” (marah).