Langsung ke konten utama

30 Fakta Menarik Tentang Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris itu menyenangkan, lho, Sobat. Apalagi jika Sobat mengenali fakta-fakta menarik yang terdapat dalam bahasa Inggris yang saat ini sudah menjadi bahasa dunia. Apa saja fakta-fakta itu? Mari kita simak.

[PERHATIAN!] fakta-fakta berikut ini tidak berurutan..

1.    Abjad yang paling sering digunakan adalah “e”.
2.    Huruf vokal yang paling sering digunakan adalah “e”. Yang kedua adalah “a”.
3.    Huruf konsonan yang paling sering digunakan adalah “r” . Yang kedua adalah “t”.The most common consonant in English is "r", followed by "t".
4.    Setiap suku kata dalam bahasa inggris harus memiliki huruf vokal (bunyi). Namun tidak semua suku kata mengandung huruf mati (konsonan).
5.    Hanya ada dua kata dalam bahasa Inggris yang digunakan saat ini yang memiliki akhiran “-gry”, yaitu “hungry” (lapar) dan “angry” (marah).

6.    Kata “bookkeeper”  (pemegang buku, penata buku, bagian pembukuan) serta kata berimbuhannya “bookkeeping” adalah satu-satunya kata dalam bahasa Inggris yang memiliki tiga huruf ganda (double letter) berturut-turut tanpa tanda pemisah. Kata lainnya seperti “sweet-toothed” (suka yang manis-manis) perlu diberi tanda pemisah “-“ agar dapat dibaca sebagai kata yang tepat ejaannya.
7.    Kata “triskaidekaphobia” memiliki arti “ketakutan berlebih terhadap angka 13”. Hal ini berhubungan dengan istilah “paraskevidekatriaphobia” yang berarti “ketakutan terhadap Jum’at ke-13” – (fear of Friday the 13th).
8.    Terdapat lebih banyak kata yang diawali dengan huruf “s” dibandingkan dengan huruf lainnya.
9.    Preposition (kata depan) selalu diawali dengan kata kerja (noun, proper noun, pronoun, noun group, gerund).
10. Kata “uncopyrightable” (secara harfiahnya: tidak dapat diberi hak cipta) adalah kata terpanjang dalam bahasa Inggris yang tidak mengandung perulangan salah satu huruf-hurufnya.
11. Suatu kalimat yang mengandung ke-26 huruf dari alfabet disebut “pangram”.
12. Berikut adalah contoh “pangram”, yang juga sering digunakan untuk menampilkan contoh tampilan font di komputer: "The quick brown fox jumps over the lazy dog."
13. Satu-satunya kata yang mengandung akhiran “-mt” adalah “dreamt” (serta juga varian katanya “undreamt”) yang merupakan bentuk lampau dari “dream” (noun: bermimpi).
14. Ada kata dalam bahasa inggris yang terbentuk dari gabungan suku kata dari dua kata berbeda. Kata yang seperti ini disebut “blend” (atau sekarang lebih dikenal dengan "portmanteau word"). Terdapat banyak kata jenis ini dalam bahasa Inggris. Contohnya "brunch" (breakfast + lunch); "motel" (motorcar + hotel); and "guesstimate" (guess + estimate). Perlu diingat bahwa “blend” berbeda dengan “compound” atau “compound noun”, yang merupakan kata bentukan dari dua kata (keseluruhan kata) seperti: “website” (web+site), “blackboard” (black+board), dan “darkroom” (dark+room).
15. Kata “alphabet” diambil dari dua huruf pertama Yunani “alpha” dan”bÄ“ta”.
16. Titik (dot) yang terdapat pada huruf “i" dan “j” disebut “superscript dot”.
17. Pada penggunaal normal, simbol “#” memiliki beberapa nama: “hash”, “pound sign”, “number sign”.
18. Dalam bahasa inggris, simbol “@” biasanya disebut “the at sign” (tanda pada) atau “the at symbol” (simbol pada).
19. Peletakan tanda koma pada akhir list (daftar/rangkaian kata) dikenal dengan istilah “Oxford comma” atau “serial comma”. Contoh: "I drink coffee, tea, and wine."
20. Beberapa kata hanya memiliki bentuk jamak (plural – tidak memiliki bentuk tunggal/singular), seperti: glasses (spectacles), binoculars, scissors, shears, tongs, gallows, trousers, jeans, pants, pyjamas (tapi perlu diingat bahwa kata benda berupa pakaian dapat berbentuk tunggal/singular jika digunakan sebagai modifiers, seperti pada"trouser pocket").
21. Kalimat sempurna yang paling singkat dalam bahasa Inggris adalah "I am."
22. Kata "Checkmate" (istilah dalam catur) diambil dari bahasa Persia "Shah Mat" yang berarti "the king is helpless" (rajamu tak berdaya).
23. Terdapat 9 cara pengucapan kombinasi “ough”. Contohnya pada kalimat berikut yang mengandung kesembilan cara tersebut: "A rough-coated, dough-faced, thoughtful ploughman strode through the streets of Scarborough; after falling into a slough, he coughed and hiccoughed." 
24. Kata terpanjang dalam bahasa Inggris yang tidak mengandung huruf vokal adalah "rhythm".
25. Satu-satunya planet dalam tata surya kita yang tidak diberi nama dewa Yunani adalah planet kita (Earth – bumi). Planet-planet lainnya, berurutan dari Sun, Mercury, Venus, [Earth,] Mars, Jupiter, Saturn, Uranus, Neptune.
26. Hanya ada 4 kata dalam bahasa Inggris yang kita gunakan saat ini yang mengandung akhiran "-dous": hazardous, horrendous, stupendous, and tremendous.
27. Kita dapat menemukan 10 kata dalam kata yang terdiri dari 7 huruf "therein" tanpa menyusun ulang huruf-hurufnya: the, there, he, in, rein, her, here, ere, therein, herein.
28. Kalimat berikut mengandung berturut-turut 7 kata indentik, namun masih dapat dimengerti "It is true for allthat that that that that that that refers to is not the same that that that that refers to." (= It is true for all that, that that "that" which that "that" refers to is not the same "that" which that "that" refers to.)
It
is
true
for
all
that
that
that
that
that
that
that





pronoun
conjunction
determiner
noun
relative pronoun
determiner
noun







(adjective)
"that"
which
(adjective)
"that"

refers
to
is
not
the
same
that
That
that
that
refers
to.






noun
relative pronoun
determiner
noun








"that"
Which
(adjective)
"that"


29. Terdapat satu kalimat dengan pola serupa yang dapat membantu kita memahami kalimat yang terdapat pada fakta no. 28:
It is true, despite everything you say, that this word which this word refers to is not the same word which this word refers to.
atau, jika Anda ingin yang benar-benar benar:
It is true, despite everything you say, that this word to which this word refers is not the same word to which this word refers.
30. Istilah "QWERTY keyboard" diambil dari 6 huruf teratas pada keyboard mesin ketik di Inggris. Mesin-mesin ketik jenis awal didesain sedemikian untuk mengurangi tabrakan antara tangkai mekanik yang memuat huruf.

Komentar

  1. Ok terimakasih sudah di sharingkan. Kalo ada fakta baru lagi kasih tau ya

    BalasHapus
  2. Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang sangat digunakan oleh banyak orang. Bagi Anda yang tertarik untuk belajar bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, silakan kunjungi website kami http://www.rumahbahasauniversal.com/

    BalasHapus

Posting Komentar

Dimohon dengan sangat comment-nya, ya :D Kritikan, cacian, makian, protes yang membangun sangat diharapkan demi kebahagiaan kita bersama.

Postingan populer dari blog ini

Umar bin Khattab Menebas Kepala seorang Muslim

Hari itu Madinah gempar. Apa pasal? Mereka mendengar Umar bin Khattab ra. menebas kepala seorang muslim yang mengadukan perkara kepadanya. Tentu saja para sahabat banyak yang menyayangkan keputusan Umar ra. yang nampak gegabah dan “berdosa”–sebab membunuh seorang muslim dosanya sangatlah besar. Seperti disebutkan dalam hadis rasulullah SAW: Dari Ibnu Mas’ud rodhiallohu ‘anhu, dia berkata: “Rasulullah SAW bersabda: “Tidak halal ditumpahkan darah seorang muslim kecuali karena salah satu di antara tiga alasan: orang yang telah kawin melakukan zina, orang yang membunuh jiwa (orang muslim) dan orang yang meninggalkan agamanya memisahkan diri dari jamaah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Buat Apa sih LKMM itu? Nggak Penting Banget!

Buat sahabat semua, baik yang pro ataupun kontra dengan pendapat Ane. Ane terbuka aja. Ini adalah negara bebas. Kita bebas untuk berpendapat seperti yang dijamin oleh UUD 1945 (Pasal 28, Pasal 28A, Pasal 28C, Pasal 28D Ayat 1 dan 2, Pasal 28E Ayat 2 dan 3, Pasal 28F, Pasal 28G, Pasal 28H, Pasal 28I ayat 1,2,4 dan 5, serta pasal 28J) selama jangan asal bunyi dan tanpa dalil. Ane memberikan kesempatan untuk berdiskusi lebih jauh. Silahkan comment aja di  blog Ane , e-mail Ane , atau  Wall FB Ane disana juga ada nomor kontak Ane yang bisa dihubungi. OK? *** Satu bulan terakhir ini adalah masa-masa gejolak pergolakan keimanan Ane di perantauan. Ada dua hal bertentangan yang amat sangat mengganggu pikiran Ane dan mungkin juga Mahasiswa MIPA 2010 lainnya. Sebuah acara yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (yang katanya suatu badan yang demokratis) untuk para Mahasiswa baru 2010, yang (katanya) akan menjadi hal yang berguna buat masa depan para Mahasiswa baru.