Langsung ke konten utama

Jangan Mau Susah di Masa Tua

Coba perhatikan sekitar Anda. Pernahkah Sobat sekalian menemui orang-orang tua dengan banyak anak dan cucu, tapi mengalami kenyataan hidup yang menyakitkan? Taraf kehidupan mereka rendah, anak-anak dan cucu-cucu mereka pun tidak ada yang bisa membantu penghidupan orang tuanya karena mereka sendiri juga taraf hidupnya rendah. Pasti pernah! Sekarang lagi musim tuh di televisi tayangan-tayangan yang kayak begitu. Sebutin aja kayak Orang Pinggiran di Trans7, Catatan Si Olga di ANTV, atau Andai Aku Menjadi di Trans TV. Banyak kan, cerita-cerita tentang orang-orang yang susah sekali hidupnya, yang cukup untuk membuat Sobat mengurai airmata? Memang itu hanya di TV. Tapi bukankah hal seperti itu adalah kisah nyata?
Saya tidak ingin menghakimi bahwa acara tersebut salah, ataukah orang-orang tua itu salah. Tapi saya ingin mengajak Sobat sekalian untuk mengoreksi diri, tentang penyebab-penyebab kesusahan yang melanda kita, sehingga kita tidak sampai mengalami hidup seperti mereka. Dan akan lebih baik lagi jika nantinya kita bisa membantu mereka untuk mengatasi permasalahan-permasalahan hidup mereka.

Sobat, hal ini, tentang kesusahan hidup di masa tua, sebenarnya sudah diperingatkan oleh Allah SWT dalam firman-Nya:
"Apakah ada salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; Dia mempunyai dalam kebun itu segala macam buah-buahan, kemudian datanglah masa tua pada orang itu sedang Dia mempunyai keturunan yang masih kecil-kecil. Maka kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, lalu terbakarlah. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu memikirkannya." (QS. Al-Baqarah, 2:266)

Perumpamaan kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai itu, ya mungkin adalah usaha atau sumber penghasilan yang kita miliki saat ini. Kebun kurma dan anggur, kalau di bawahnya mengalir sungai-sungai, pastilah merupakan kebun yang amat subur, karena kebutuhan nutrisi pohon-pohonnya terpenuhi dengan baik. Itulah perumpamaan usaha yang sedang maju-majunya, sedang pesat-pesatnya. Banyak proyek, tender dimana-mana, buka cabang dimana-mana. Investor-investor berdatangan untuk menanamkan modal. Jumlah karyawannya ribuan.

Tapi ketika datang masa tua kita, datanglah angin yang mengandung api, lalu terbakarlah kebun-kebun usaha kita. Hilang, lenyaplah sumber penghasilan kita.

Tidak ada angin, tidak ada hujan, tahu-tahu usaha kita hancur. Tender-tender gagal, karyawan-karyawan banyak yang di-PHK, pabrik-pabrik, cabang-cabang ditutup. Rumah tinggal gubuk atau kontrakan. Atau tinggal di kolong jembatan. Tidak ada jaminan hari esok. Masa depan suram. Adakah dari Sobat sekalian yang mau mengalami kehidupan yang seperti itu? Tentu tidak, kan? Lalu jika sudah seperti itu kehidupan kita, apakah kita akan jadi kriminal? Jadi preman pasar, copet, jambret, maling, rampok, karena keadaan kita yang amat susah? Banyak bukan, saat ini orang-orang yang mengaku melakukan tindak kriminal karena kepepet uang? Anak-istri belum makan, kontrakan belum kebayar, hutang numpuk. Gimana, nih?

Dari itu pula, Allah memberi kita solusi buat masalah ini. Tidak mungkin kan, kalau Allah SWT, Yang Maha Kuasa atas segala-galanya di alam semesta ini, memberi kita masalah tanpa ada solusi? Di dua ayat berikutnya, Dia Yang Maha Kaya berfirman:
"Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, Padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji. syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia[170]. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengatahui."
(QS. Al-Baqarah, 2:267-268)

Ayo. Mulai sekarang, jangan lagi pelit-pelit beramal dan bersedekah. Tidaklah rugi orang yang bersedekah. Memberi itu selalu lah lebih baik. Bukankah dengan bersedekah kita telah menolong orang lain? Dan seperti hukum karma berlaku, kejahatan akan berbuah kejahata, dan kebaikan akan berbuah kebaikan. Kenapa tidak kita mulai menanam kebaikan untuk masa tua kita? Agar anak dan cucu kita bisa memiliki masa depan yang cerah. Agar kehidupan kita makmur sejahtera hingga kita kembali menghadap-Nya?

Mari kita berdo'a. Agar kita semua tidak menjadi orang yang kikir, melainkan menjadi orang yang gemar memberi. Dan juga agar di masa tua nanti kita bisa hidup tenang dikelilingi oleh anak-cucu kita yang bahagia hidupnya. Semoga Allah SWT, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, selalu melimpahkan rahmat dan taufiq kepada kita semua.

Banjarbaru, 22 Oktober 2012

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Umar bin Khattab Menebas Kepala seorang Muslim

Hari itu Madinah gempar. Apa pasal? Mereka mendengar Umar bin Khattab ra. menebas kepala seorang muslim yang mengadukan perkara kepadanya. Tentu saja para sahabat banyak yang menyayangkan keputusan Umar ra. yang nampak gegabah dan “berdosa”–sebab membunuh seorang muslim dosanya sangatlah besar. Seperti disebutkan dalam hadis rasulullah SAW: Dari Ibnu Mas’ud rodhiallohu ‘anhu, dia berkata: “Rasulullah SAW bersabda: “Tidak halal ditumpahkan darah seorang muslim kecuali karena salah satu di antara tiga alasan: orang yang telah kawin melakukan zina, orang yang membunuh jiwa (orang muslim) dan orang yang meninggalkan agamanya memisahkan diri dari jamaah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Buat Apa sih LKMM itu? Nggak Penting Banget!

Buat sahabat semua, baik yang pro ataupun kontra dengan pendapat Ane. Ane terbuka aja. Ini adalah negara bebas. Kita bebas untuk berpendapat seperti yang dijamin oleh UUD 1945 (Pasal 28, Pasal 28A, Pasal 28C, Pasal 28D Ayat 1 dan 2, Pasal 28E Ayat 2 dan 3, Pasal 28F, Pasal 28G, Pasal 28H, Pasal 28I ayat 1,2,4 dan 5, serta pasal 28J) selama jangan asal bunyi dan tanpa dalil. Ane memberikan kesempatan untuk berdiskusi lebih jauh. Silahkan comment aja di  blog Ane , e-mail Ane , atau  Wall FB Ane disana juga ada nomor kontak Ane yang bisa dihubungi. OK? *** Satu bulan terakhir ini adalah masa-masa gejolak pergolakan keimanan Ane di perantauan. Ada dua hal bertentangan yang amat sangat mengganggu pikiran Ane dan mungkin juga Mahasiswa MIPA 2010 lainnya. Sebuah acara yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (yang katanya suatu badan yang demokratis) untuk para Mahasiswa baru 2010, yang (katanya) akan menjadi hal yang berguna buat masa depan para Mahasiswa baru.

30 Fakta Menarik Tentang Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris itu menyenangkan, lho, Sobat. Apalagi jika Sobat mengenali fakta-fakta menarik yang terdapat dalam bahasa Inggris yang saat ini sudah menjadi bahasa dunia. Apa saja fakta-fakta itu? Mari kita simak. [PERHATIAN!] fakta-fakta berikut ini tidak berurutan.. 1.     Abjad yang paling sering digunakan adalah “e”. 2.     Huruf vokal yang paling sering digunakan adalah “e”. Yang kedua adalah “a”. 3.     Huruf konsonan yang paling sering digunakan adalah “r” . Yang kedua adalah “t”.The most common consonant in English is "r", followed by "t". 4.     Setiap suku kata dalam bahasa inggris harus memiliki huruf vokal (bunyi). Namun tidak semua suku kata mengandung huruf mati (konsonan). 5.     Hanya ada dua kata dalam bahasa Inggris yang digunakan saat ini yang memiliki akhiran “-gry”, yaitu “hungry” (lapar) dan “angry” (marah).