Langsung ke konten utama

3 Tips Sakti Menemukan Passion




3 Tips Sakti Menemukan Passion - Sebelum saya memulainya ada satu pertanyaan yang ingin saya ajukan kepada Anda. Siapa di antara Anda yang sampai saat ini masih belum menemukan semangat dalam pekerjaan atau aktivitas yang Anda jalani saat ini?


Anda sering merasa malas, tidak produktif, atau ingin pindah kerja tapi belum punya keberanian melakukannya?

Jika ini yang Anda alami saat ini satu pertanyaan yang harus Anda jawab, sudahkah Anda bekerja sesuai passion yang Anda miliki.

Passion? apa itu passion?

Passion adalah energi atau kekuatan yang didasari oleh rasa cinta yang besar dalam melakukan sesuatu.

Nah sekarang Anda sudah tahu apa itu passion. Sekarang silahkan jawab pertanyaan saya tadi “Sudahkah Anda bekerja sesuai dengan passion yang Anda miliki”? Saya yakin Anda akan memiliki jawaban yang beragam. Tapi satu hal yang pasti jika Anda bekerja atau melakukan aktivitas tidak sesuai passion. Maka Anda tidak akan pernah menemukan kebahagiaan dari pekerjaan tersebut.

Mengapa kita harus memiliki passion?

Ada 3 alasan utama kenapa kita harus memiliki passion
1. Passion akan membuat Anda nyaman
2. Passion akan membuat Anda termotivasi untuk mencapai kerja optimal
3. Passion akan membuat Anda bahagia

Bagaimana Cara Menemukan passion?

Terinspirasi dari tulisan pak Yodhia Antariksa pengelola blog strategi manajemen, sebenarnya ada 3 cara untuk menemukan passion Anda. Dan menurut saya ini adalah 3 tips sakti yang bisa Anda terapkan.

1. Temukan aktivitas Anda suka

Saya yakin semua orang di dunia ini memiliki satu aktivitas yang paling disukai. Dan dari aktivitas inilah kita akan menemukan passion kita dengan cepat.

Aktivitas yang paling saya suka itu berkhayal pak? Bagaimana itu, apa boleh?

Jika itu memang yang paling Anda suka, tidak masalah. Karena ini baru awal untuk menemukan passion. Nanti Anda akan tahu bagaimana dari kesukaan itu Anda bisa menghasilkan sesuatu.

Jika Anda kesulitan menemukan aktivitas yang Anda suka. Silahkan lakukan saran ini. Tuliskan dulu semua aktivitas yang paling Anda suka. Boleh apa saja, tulis di buku pribadi atau apa pun yang penting bisa Anda baca. Kemudian renungkan, analisis dan temukan satu, dua atau tiga aktivitas yang paling Anda sukai diantara yang lain.

Tapi bagi Anda yang sudah tahu aktivitas yang benar-benar disukai boleh tidak menggunakan cara ini. Misalnya Anda memiliki hobi tertentu yang memang sudah dilakukan di luar kesibukan kerja. Seperti memancing, fotografi, bermain musik atau yang lain.

Cara ini sangat efektif untuk menemukan passion kita dengan lebih cepat. Saya sudah membuktikannya saya memiliki beberapa aktivitas yang sangat saya suka, diantaranya ngeblog, menulis, dan presentasi. Semua aktivitas ini saya suka semenjak saya masih di bangku kuliah. Dan dari ketiga aktivitas itulah saya merasa nyaman dan bahagia. Bahkan sebagian rejeki juga saya dapat dari ketiga aktivitas ini.

2. Buat aktivitas tersebut menjadi sesuatu yang menghasilkan

Supaya passion bisa benar-benar mendatangkan kebahagiaan, maka transformaskan passion tersebut menjadi sesuatu yang menghasilkan.

Dalam poin pertama tadi ada satu pertanyaan yang akan saya jawab dalam poin kedua ini. “aktivitas yang paling saya suka adalah berkhayal. Bagaimana itu, apakah boleh?”

Saya katakan boleh, karena berkhayal jika di kelola dengan baik juga bisa menghasilkan. Coba Anda perhatikan para penulis non fiksi. Bukankah aktivitas mereka juga berkhayal. Bedanya mereka tahu bagaimana mengelola khayalan itu menjadi sesuatu yang menghasilkan. Dengan cara menuliskan apa yang dikhayalkan menjadi sebuah karya seperti novel, cerpen atau yang lain.

Anda pun bisa seperti mereka. Kalau memang yang paling Anda suka berkhayal, kenapa tidak kalian coba tulis khayalan kalian.

Tapi saya kan tidak bisa menulis pak?

Apakah para penulis novel itu awalnya bisa menulis? Tidak, mereka awalnya juga tidak bisa menulis. Yang penting menulis saja dulu, sambil berjalan Anda sambil belajar bagaimana membuat sebuah karya non fiksi yang baik. Jika ini Anda lakukan dengan serius pasti menghasilkan.

Cara ini juga sudah saya terapkan untuk diri saya dan hasilnya, saya menjadi lebih semangat dan lebih mencintai aktivitas ngeblog, menulis, dan presentasi yang saya lakukan.

Sekarang giliran Anda.

3. Bebaskan diri Anda untuk berkreasi

Satu hal yang paling menjengkelkan apabila kita melakukan aktivitas dengan tekanan. Dan ini cenderung membuat passion yang kita miliki meredup. Untuk itu bebaskan diri Anda dalam menjalankan aktivitas yang Anda suka.

Tapi harus Anda ingat, jangan jadikan aktivitas tersebut sebagai beban atau tekanan. Jadi apa pun hasil dari pekerjaan Anda nikmati itu sebagai bagian dari perjalanan untuk menemukan passion Anda yang sesungguhnya.

Kebebasan adalah kata kunci yang membuat kita bisa menjalani aktivitas yang kita menjadi sebuah karya yang produktif. Dan kemudian menjelma menjadi passion yang mengasyikkan.

Demikianlah 3 tips saksi menemukan passion Anda yang sesungguhnya. Percayalah dengan menerapkan 3 tips sederhana ini Anda akan mendapatkan kenyamanan dalam bekerja, hasil yang optimal dan kebahagiaan yang Anda dapatkan.

Bagaimana menurut Anda?

Photo Credit: FaceMePLS

Komentar

  1. Selamat mencoba..
    Terimakasih sudah berkunjung. :D

    BalasHapus
  2. terimakasih atas artikelnya, saya ingin mencobanya jangan menyerah kawan.

    BalasHapus
  3. Terimakasih sudah memberikan tips untuk menemukan passion. Saya juga sedang mencari tahu dimana passion saya agar tidak terjebak di rutinitas yang ini ini saja.

    BalasHapus

Posting Komentar

Dimohon dengan sangat comment-nya, ya :D Kritikan, cacian, makian, protes yang membangun sangat diharapkan demi kebahagiaan kita bersama.

Postingan populer dari blog ini

Umar bin Khattab Menebas Kepala seorang Muslim

Hari itu Madinah gempar. Apa pasal? Mereka mendengar Umar bin Khattab ra. menebas kepala seorang muslim yang mengadukan perkara kepadanya. Tentu saja para sahabat banyak yang menyayangkan keputusan Umar ra. yang nampak gegabah dan “berdosa”–sebab membunuh seorang muslim dosanya sangatlah besar. Seperti disebutkan dalam hadis rasulullah SAW: Dari Ibnu Mas’ud rodhiallohu ‘anhu, dia berkata: “Rasulullah SAW bersabda: “Tidak halal ditumpahkan darah seorang muslim kecuali karena salah satu di antara tiga alasan: orang yang telah kawin melakukan zina, orang yang membunuh jiwa (orang muslim) dan orang yang meninggalkan agamanya memisahkan diri dari jamaah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Buat Apa sih LKMM itu? Nggak Penting Banget!

Buat sahabat semua, baik yang pro ataupun kontra dengan pendapat Ane. Ane terbuka aja. Ini adalah negara bebas. Kita bebas untuk berpendapat seperti yang dijamin oleh UUD 1945 (Pasal 28, Pasal 28A, Pasal 28C, Pasal 28D Ayat 1 dan 2, Pasal 28E Ayat 2 dan 3, Pasal 28F, Pasal 28G, Pasal 28H, Pasal 28I ayat 1,2,4 dan 5, serta pasal 28J) selama jangan asal bunyi dan tanpa dalil. Ane memberikan kesempatan untuk berdiskusi lebih jauh. Silahkan comment aja di  blog Ane , e-mail Ane , atau  Wall FB Ane disana juga ada nomor kontak Ane yang bisa dihubungi. OK? *** Satu bulan terakhir ini adalah masa-masa gejolak pergolakan keimanan Ane di perantauan. Ada dua hal bertentangan yang amat sangat mengganggu pikiran Ane dan mungkin juga Mahasiswa MIPA 2010 lainnya. Sebuah acara yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (yang katanya suatu badan yang demokratis) untuk para Mahasiswa baru 2010, yang (katanya) akan menjadi hal yang berguna buat masa depan para Mahasiswa baru.

30 Fakta Menarik Tentang Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris itu menyenangkan, lho, Sobat. Apalagi jika Sobat mengenali fakta-fakta menarik yang terdapat dalam bahasa Inggris yang saat ini sudah menjadi bahasa dunia. Apa saja fakta-fakta itu? Mari kita simak. [PERHATIAN!] fakta-fakta berikut ini tidak berurutan.. 1.     Abjad yang paling sering digunakan adalah “e”. 2.     Huruf vokal yang paling sering digunakan adalah “e”. Yang kedua adalah “a”. 3.     Huruf konsonan yang paling sering digunakan adalah “r” . Yang kedua adalah “t”.The most common consonant in English is "r", followed by "t". 4.     Setiap suku kata dalam bahasa inggris harus memiliki huruf vokal (bunyi). Namun tidak semua suku kata mengandung huruf mati (konsonan). 5.     Hanya ada dua kata dalam bahasa Inggris yang digunakan saat ini yang memiliki akhiran “-gry”, yaitu “hungry” (lapar) dan “angry” (marah).