Langsung ke konten utama

Kakak, Ulun Mau LKMM yang Seperti Ini (2)

Dari posting sebelumnya menurut Ane kiranya Sobat muda sekalian sudah paham dengan kriteria pemimpin yang sesungguhnya. Nah, disini, Ane ingin mengutarakan pemikiran Ane tentang hal-hal apa saja yang sebaiknya dilakukan untuk menggembleng para calon khalifah. Untuk mencukupi syarat-syarat diatas, kiranya tiga hari itu adalah sama sekali tidak cukup untuk mendidik kita menjadi pemimpin yang benar-benar tangguh dan mumpuni.
1.      Hendaknya pemimpin itu belajar untuk bisa membaca, hafal, tahu arti, mengerti isi dan mengamalkan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari. Karena Al Quran adalah dasar hukum kita yang paling utama dan alangkah baiknya kita tidak lagi meragukan isinya. Meminjam kata-kata dari seorang murabbi: “Al Quran itu kitab suci paling benar dan paling virgin (suci) yang eksis saat ini. Kenapa? Karena di awal pembukaannya saja Allah sudah menyatakan bahwa tidak ada keraguan di dalamnya (QS. Al Baqarah: 2). Dan kita juga sudah ditantang untuk membuat sesuatu yang serupa dengan Al Quran (QS. Al Baqarah: 23). Tuh, kan. Sombong betul?
Ya iyalah. Orang yang bikin aja Allah SWT pemilik segala dan hanya Dia yang boleh sombong.” Jadi ketika seorang pemimpin sudah bisa membaca, mengerti dan mengamalkan Al Quran, maka ia akan berpijak di atas landasan hukum yang tiada tandingannya. Dan ia akan mampu menyelesaikan segala macam persoalan karena ia sendiri kokoh tiada tanding.
2.      Hendaknya pemimpin itu belajar untuk bisa mengatur waktu. Dan sesungguhnya pengaturan waktu yang paling utama itu adalah sholat kita. Buat apa kita belajar manajemen waktu jika sholat kita masih kocar-kacir? Maka dari itu, alangkah eloknya seorang pemimpin itu memperindah keteraturan waktu sholatnya. Ketika Allah SWT menyerunya untuk menghadap, seorang pemimpin harus mau bersegera mendatangi seruan itu dan berjama’ah di masjid (selengkapnya baca disini). Lebih baik lagi kalau sampai tertanam dalam hatinya bahwa ketika ia datang ke masjid dan melihat orang sudah rukuk (ia ketinggalan satu rakaat), ia akan menyesal sedalam-dalamnya. Kenapa ia masih mendahulukan dunia ketimbang kewajiban kepada Yang Maha Kuasa?
3.      Hendaknya pemimpin itu belajar untuk mengetahui hukum-hukum Islam (Fiqh Islam) beserta dalil-dalil dan landasan-landasannya. Hal ini kiranya berguna untuk membentuk dirinya menjadi seorang pemimpin yang bisa menjalankan syariat Islam dalam kehidupannya sehari-hari, sehingga terbentuklah seorang pemimpin yang kepemimpinannya diridhai oleh seluruh umat dan juga Allah SWT.
4.      Hendaknya seorang pemimpin itu diajarkan untuk memiliki keberanian dan ketegasan dalam mengungkapkan kebenaran, bukan hanya keberanian untuk sekedar mengemukakan pendapat. Dan sekarang, sudah banyak training-training dari berbagai macam trainer, khususnya di perusahaan-perusahaan, untuk membentuk orang-orang yang pemberani. Dan ternyata, training mereka itu tidak disertai dengan proses marah-marah–walaupun sesungguhnya nanti mereka juga akan dimarahi Bos jika kinerja mereka buruk–yang menyakitkan hati. Dan jika kita ingin flash back ke masa para pendahulu kita, para pemimpin-pemimpin Islam generasi abad ke 13-14 M seperti Salahuddin Al Ayyubi, Muhammad Al Fatih, Iskandar Zulkarnain, Thariq bin Ziyad, dan sebagainya, Ane belum pernah mendengar mereka mendapatkan pendidikan kekerasan. Yang Ane pernah baca, mereka itu “hanya” diperdengarkan kisah-kisah kehebatan Umar bin Khattab ra. Mereka diceritakan kisah-kisah ketauhidan Bilal bin Rabah ra., atau kejeniusan Siti Aisyah ra., dan para sahabat-sahabat Rasulullah SAW yang memang bisa dijadikan contoh teladan. Dan buktinya, hanya dengan diceritakan seperti itu, mereka mengalami pembentukan mental yang luar biasa, sampai Thariq bin Ziyar bisa menaklukkan Afrika. Sampai Muhammad Al Fatih bisa membuktikan janji Rasulullah SAW tentang pembebasan konstantinopel (Instanbul, Turki–sekarang). Mereka adalah contoh-contoh nyata bagi para pemimpin Islam masa kini.
5.      Seorang pemimpin alangkah baiknya memiliki kerendahan hati. Sebab kita adalah manusia, tempatnya salah dan khilaf. Ia harus punya kesadaran untuk mengakui kesalahannya, karena kita sering kali bisa tesulait (banjar–salah). Bahkan seorang Umar pun ketika menetapkan hukum besarnya mahar untuk pernikahan di hadapan rakyatnya, dan tiba-tiba seorang wanita tua menegurnya dengan keras. Para pengawal dan sahabat Umar sudah akan menangkap si wanita tua. Tap apa kata Umar? Umar berkata,”wanita itu benar dan Umar lah yang salah.” Atau pernah dengar cerita seorang sahabat yang mengkritik kebijakan Rasulullah SAW soal penempatan kemah pasukan pada saat perang Badar. Sungguh, ini adalah Rasulullah SAW yang dikritik. Tapi beliau malah mengakui kebenara pendapat sahabat itu.
6.      Seorang pemimpin alangkah baiknya memiliki adab. Kita sering lalai ketika berhadapan dengan manusia. Kita sering berkata-kata menyakiti. Seringkali lewat di depan orangtua, guru atau dosen, tapi muha karas. Sering meminta bantuan kepada teman tapi tidak pakai kata tolong (untuk ini silahkan baca di sini). Lupa meminta maaf di akhir perjumpaan. Dan juga lupa bagaimana adab pergaulan antara sesama muslim.
7.      Seorang pemimpin hendaknya sensitif terhadap permasalahan umat dan juga keadaan lingkungan di sekitarnya. Hal ini dapat dilatih dengan memurnikan hati dan membuka pikiran jangan hanya memandang suatu masalah dari satu sudut pandang.
Sepertinya itulah kriteria saya dalam melakukan kaderisasi terhadap para calon pemimpin. Karena yang harus dihasilkan dari pelatihan kepemimpinan itu hendaknya jangan sekedar orang yang bisa memimpin dirinya sendiri atau suatu kelompok tertentu. Melainkan seorang pemimpin yang bisa memimpin Umat dan juga seluruh dunia.
Membentuk pemimpin yang seperti itu tidaklah mudah. Perlu bertahun-tahun dan perlu pembelajaran yang istiqomah. Dan lagi, pelatihan untuk menjadi seperti kriteria yang diharapkan tidak bisa hanya dilatih orang yang biasa-biasa saja, dengan niatan yang biasa-biasa saja, dan cara yang biasa-biasa saja. Harus ada orang yang datang dengan niatan yang tidak biasa dan punya mental serta cara yang luar biasa. Sehingga output yang dihasilkan nantinya adalah pemuda-pemudi Islam yang siap untuk menggoncangkan dunia.
Wallahu a’lam bis shawab.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Umar bin Khattab Menebas Kepala seorang Muslim

Hari itu Madinah gempar. Apa pasal? Mereka mendengar Umar bin Khattab ra. menebas kepala seorang muslim yang mengadukan perkara kepadanya. Tentu saja para sahabat banyak yang menyayangkan keputusan Umar ra. yang nampak gegabah dan “berdosa”–sebab membunuh seorang muslim dosanya sangatlah besar. Seperti disebutkan dalam hadis rasulullah SAW: Dari Ibnu Mas’ud rodhiallohu ‘anhu, dia berkata: “Rasulullah SAW bersabda: “Tidak halal ditumpahkan darah seorang muslim kecuali karena salah satu di antara tiga alasan: orang yang telah kawin melakukan zina, orang yang membunuh jiwa (orang muslim) dan orang yang meninggalkan agamanya memisahkan diri dari jamaah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Buat Apa sih LKMM itu? Nggak Penting Banget!

Buat sahabat semua, baik yang pro ataupun kontra dengan pendapat Ane. Ane terbuka aja. Ini adalah negara bebas. Kita bebas untuk berpendapat seperti yang dijamin oleh UUD 1945 (Pasal 28, Pasal 28A, Pasal 28C, Pasal 28D Ayat 1 dan 2, Pasal 28E Ayat 2 dan 3, Pasal 28F, Pasal 28G, Pasal 28H, Pasal 28I ayat 1,2,4 dan 5, serta pasal 28J) selama jangan asal bunyi dan tanpa dalil. Ane memberikan kesempatan untuk berdiskusi lebih jauh. Silahkan comment aja di  blog Ane , e-mail Ane , atau  Wall FB Ane disana juga ada nomor kontak Ane yang bisa dihubungi. OK? *** Satu bulan terakhir ini adalah masa-masa gejolak pergolakan keimanan Ane di perantauan. Ada dua hal bertentangan yang amat sangat mengganggu pikiran Ane dan mungkin juga Mahasiswa MIPA 2010 lainnya. Sebuah acara yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (yang katanya suatu badan yang demokratis) untuk para Mahasiswa baru 2010, yang (katanya) akan menjadi hal yang berguna buat masa depan para Mahasiswa baru.

30 Fakta Menarik Tentang Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris itu menyenangkan, lho, Sobat. Apalagi jika Sobat mengenali fakta-fakta menarik yang terdapat dalam bahasa Inggris yang saat ini sudah menjadi bahasa dunia. Apa saja fakta-fakta itu? Mari kita simak. [PERHATIAN!] fakta-fakta berikut ini tidak berurutan.. 1.     Abjad yang paling sering digunakan adalah “e”. 2.     Huruf vokal yang paling sering digunakan adalah “e”. Yang kedua adalah “a”. 3.     Huruf konsonan yang paling sering digunakan adalah “r” . Yang kedua adalah “t”.The most common consonant in English is "r", followed by "t". 4.     Setiap suku kata dalam bahasa inggris harus memiliki huruf vokal (bunyi). Namun tidak semua suku kata mengandung huruf mati (konsonan). 5.     Hanya ada dua kata dalam bahasa Inggris yang digunakan saat ini yang memiliki akhiran “-gry”, yaitu “hungry” (lapar) dan “angry” (marah).